Friday, September 14, 2012

Home Treatment Untuk Atasi Demam Anak

Holaaa, dreamers, have you sleep already? Berhubung saya belum bisa tidur, saya mau share sedikit tips untuk mengatasi demam pada bayi dengan cara alami dan tanpa obat. Sekali lagi, thanks to jejaring sosial yang saya follow deh, jadi dapet ilmu ini. Kuncinya cuma 2, ASI dan skin2skin.
Minggu lalu, my buby boy, Adlan disirkumsisi karena dia mengalami fimosis dan infeksi saluran kemih. Cerita soal sirkumsisi dan fimosis akan saya bahas di post berikutnya ya ;) Paska sirkumsisi saat lukanya sedang dalam masa penyembuhan, tiba-tiba Adlan badannya jadi agak anget dan sedikit rewel. Hmm, sebenarnya wajar sih, karena demam kan sebenarnya proses alami tubuh untuk melawan infeksi virus/bakteri/parasit. Tapi, awalnya agak worry juga sih dan tergoda untuk segera memberikan obat penurun panas untuk bayi. Dan tahu gak, ternyata kebanyakan orang tua langsung membawa anaknya ke dokter atau ke IGD saat bayi/anaknya demam. Padahal, tidak semua demam itu harus langsung ke dokter ataupun dikasih obat. Setau saya bahkan kalo di luar negeri, lebih dianjurkan untuk melakukan 'wait and see', yaitu kita tunggu dan lihat perkembangan kondisi baby/anak kita dulu, baru segera ke dokter jika memang mengkhawatirkan. Yang pasti sih, ukur dulu suhu tubuh baby dengan termometer, jangan dengan tangan-meter ya. 
Oia, mommies, berdasarkan info dari para dokter yang aktif sharing di twitter, kalau pun kita mau memberikan obat penurun panas lebih baik berikan obat khusus bayi dan anak yang mengandung paracetamol, dan tidak boleh diberikan bersamaan dengan ibuprofen! Karena saya pernah baca ada yang kasih babynya ibuprofen dan paracetamol, alhasil si bayi menderita iritasi lambung. Kasian kan ya mommies? Sebenarnya sejak tahun 1997, WHO pun lebih merekomendasikan paracetamol untuk meredakan demam anak karena relatif lebih aman.
Nah, kebetulan saya ingat tips menurunkan demam anak dengan cara yang alami dan murah meriah. Mudah banget kok yaitu dengan tetap menyusui baby kita dengan frekuensi yang lebih sering dari biasanya dan melakukan terapi skin2skin. Apa sih itu? Skin2skin pada dasarnya adalah terapi dengan menerapkan posisi seperti IMD, dimana bayi ditidurkan di dada kita dan membiarkan kulit si ibu dan bayi bersentuhan. Yup, it means, si baby and mommy harus buka baju, lalu selimuti bayi kita dan biarkan ia terlelap dengan nyaman. Akhirnya, saya pun mencoba terapi ini dan alhamdulillah suhu badan Adlan pun menjadi lebih baik. 

No comments:

Post a Comment